Mudahnya Menjadi Penari Balet Profesional di Overmal BSD Serpog

Belajar balet

Merasa sulit mempelajari tarian balet? Bercita-cita menjadi seorang penari balet profesional? Dan bingung mencari tempat kursus balet dimana? Semua jawabannya dapat kalian temukan di Overmal BSD Serpong. Sebuah sekolah balet yang proses belajarnya sangat mudah dan terdepan.

Balet
Balet adalah jenis tarian yang berkembang di Eropa dengan teknik khasnya adalah mengangkat kaki secara tinggi

Overmal, Sekolah Balet Profesional di BSD Serpong

Balet adalah salah satu dari sekian jenis tarian yang memiliki ciri khas teknik mengangkat kaki dengan tinggi-tinggi, dan dua teknik lannya yakni grand de deux dan pointe work. Tarian yang berkembang di Italia ini dapat dimainkan secara perorangan maupun secara bersama-sama dalam satu kelompok yang biasanya ditampilkan dalam sebuah opera drama balet.

Teknik balet memiliki kemiripan seperti tarian anggar, dimana beberapa gerakan dalam kedua tarian tersebut sama. Hal itu kemungkinan karena keduanya berkembang pada masa yang sama dan juga lantaran kedunya memiliki teknik utama yakni keseimbangan.

Sekolah balet di BSD Serpong
Overmal BSD Serpong, sebuah sekolah kursus balet terdepan di kawasan Tangerang Selatan

Istilah ballet baru pertama kalinya dipopulerkan oleh Domenico da Piacenza. Dalam pertunjukkannya bernama De Arte Saltandi et Choreas Ducendi, karya mereka terlebih dahulu dikenal dengan sebutan ballo dan kemudian berkembang menjadi balli atau balleti yang akhirnya bernama balet.

Adapun pertama kalinya istilah ballet diperkenalkan melalui karya Balthasar de Beaujoyeulx di tahun 1581 berjudul Ballet Comique de la Royne. Di tahun yang serupa, sebuah buku panduan menari balet dengan judul Il Ballarino diterbitkan oleh Fabritio Caroso. Hasil karyanya menjadikan Negeri Pisa sebagai pusat utama dalam berkembangnya ballet.

Pada tanggal 21 Februari 1929, sebuah perusahaan balet bernama Anna Pavlova and Company datang mengunjungi Indonesia yang dahulu kala bernama Hindia Belanda, tepatnya di Batavia. Kurang dari satu bulan dari waktu kedatangannya, mereka menggelar pertunjukan drama di Princesse Schouwburg Weltevreden pada tanggal 8 Maret 1929.

Sukses mengelar di Batvaia yang kini bernama DKI Jakarta, Anna Pavlova and Company meneruskan perjalanannya ke Bandung, Semarang dan Surabaya. Di tahun 1934, giliran Dandré-Levitoff Russian Ballet yang mengelar drama balet di empat kota besar di Pulau Jawa. Petualangan mereka berakhir di Pulau Bali.

Belajar Balet di Overmal BSD Serpong

Hingga abad ke 20, tarian balet mulai digemari oleh masyarakat luas. Banyak sekolah-sekolah balet didirikan langsung oleh para perintis asal Belanda yang telah menetap di Indonesia. Salah satunya yakni Overmal, sebuah sekolah kursus balet yang berada di kawasan BSD.

Overmal merupakan sebuah sekolah balet yang telah berusia hampir 20 tahun. Tempat kursus ini berlokasi di wilayah Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan atau yang lebih dikenal dengan sebutan BSD City. Sebuah area yang merupakan kota modern di Tanah Air dengan tingkat perkembangan yang signifikan.

Belajar balet
Belajar menjadi lebih mudah dengan bergabung bersama Overmal BSD Serpong

BSD Serpong telah memiliki fasilitas umum yang memadai. Tidak hanya gedung-gedung pencakar langit dan berbagai tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat luas. Tetapi juga akses jalan yang memudahkan dan moda transportasi yang lengkap. Inilah menjadi alasan kuat Overmal berdiri di BSD. Supaya memudahkan siswa menuju ke lokasi belajar.

Tenaga pengajar di Overmal telah bersertifikat dan telah berpengalaman puluhan tahun di bidang balet. Guru tak hanya berasal dari dalam negeri, melainkan juga sebagian langsung dari luar negeri, seperti Italia maupun Belanda.

Overmal BSD Serpong telah memiliki fasilitas yang sangat lengkap, mulai dari tempat latihan berskala Internasional, pakaian dan lain sebagainya. Sekolah balet ini terbuka untuk umum, mulai dari anak-anak, orang dewasa hingga bahkan sekalipun orang tua.